Sabar dan Syukur Kunci Kemenangan Bahrain-Hasyim di Pilkada Halsel

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ



Jakarta (27/3) - Pasangan Bahrain Kasuba-Iwan Hasjim berhasil memenangkan Pilkada Halmahera Selatan setelah melalui proses politik dan hukum cukup panjang. Sabar dan syukur menjadi kunci kemenangan duet yang diusung PKS ini.

Hal itu disampaikan oleh Ketua DPD Halmahera Selatan Muslih Haryanto pada siaran pers di salah satu tempat makan di daerah Cikini, Jakarta, Ahad (27/3/2016)

"Karena ada kecurangan pada 20 TPS yang kotak suaranya hilang, kita harus lawan. Intimidasi sudah biasa kami alami, bahkan sampai kekerasan fisik. Tapi kami tetep menahan, sabar. Jadi istilahnya kita bersyukur masih ada pertolongan Allah," ujar Mukhlish

Menurutnya, meski pada awalnya KPUD menyatakan bahwa pasangan no.1 Amin-Jaya memenangkan pilkada, tetapi kondisi tersebut tetap tidak menjadi halangan bagi tim Bahrain-Hasyim untuk terus menegakkan kebenaran dan keadilan dalam demokrasi.

"Kita ini kan nyaris kalah ya, karena hasil KPUD sebelumnya telah menyebutkan yang menang mereka. Begitu juga dengan mereka hampir menang. makanya kita kenal istilah dalam Qur'an, Allah adalah sebaik pembuat makar seperti yang tadi sudah dijelaskan," ucap Mukhlish.

Kronologi kejadian ini dimulai saat adanya indikasi kecurangan pada pilkada Kabupaten Halmahera Selatan tahun 2015 yang dilakukan oleh oknum KPU Halmahera Selatan dengan pihak terkait dengan menunggah dokumen palsu C1-KWK ke portal KPU RI sehingga hasil perolehan suara pasangan calon pun berbeda dengan hasil peroleh suara pasangan calon yang telah disahkan di tingkat PPK Kecamatan Kayoa Barat, Gane Timur Tengah, Gane Timur, dan Bacan.

Menindak kasus kecurangan tersebut, akhirnya KPU Halmahera Selatan dinonaktifkan karena terbukti terdapat oknum yang memalsukan dokumen C1-KWK. Mahkamah Konstitusi akhirnya menerima hasil gugatan pasangan Bahrain-Hasyim dan memutuskan untuk melakukan pemungutan suara ulang (PSU) di 28 TPS di kecamatan Bacan dengan KPU Maluku Utara sebagai pengganti penyelenggara.

Setelahnya, KPU Provinsi Maluku Utara hanya menemukan surat suara di 8 TPS di Kecamatan Bacan. Hal ini digugat kembali hingga MK memutuskan melakukan PSU di 20 TPS di Kecamatan Bacan.

Dengan perolehan tersebut, secara total diputuskan Bahrain-Hasyim menang dengan 43.608 suara, selisih 42 suara dengan perolehan pasangan Amin-Jaya sebesar 43.566 suara.

Pasangan Bahrain Kasuba - Iwan Hasyim diperkirakan akan dilantik menjadi Bupati Halmahera Selatan pada bulan Mei mendatang, tertinggal dari Bupati/Walikota daerah lainnya yang sudah melakukan pelantikan pada bulan ini.

Keterangan Foto: Ketua DPD Halsel Mukhlish (kiri) pada saat siaran pers, Ahad (27/3/2016)

sumber : pks.id
ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين

0 Response to "Sabar dan Syukur Kunci Kemenangan Bahrain-Hasyim di Pilkada Halsel"

Posting Komentar