Kelompok Wanita Tani Metro Mendapat Bantuan 80 Juta

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ


METRO -- Pemerintah Kota Metro, melalui Kantor Ketahanan Pangan (KKP) memberikan bantuan Rp80 juta kepada 8 kelompok wanita tani (KWT) di Kelurahan Purwoasri Metro Utara, Rabu (30/3/2016).

Bantuan tersebut diberikan bersamaan dengan pelaksanaan Gelar Promosi Pangan Lokal oleh Wakil Wali Kota Metro Djohan. Bantuan tersebut merupakan program Optimalisasi Pemanfaatan Pekarangan melalui konsep Kawasan Rumah Lestari.

Djohan menjelaskan kegiatan Promosi Pangan Lokal tersebut merupakan yang pertama dilaksanakan di Provinsi Lampung. Pada intinya, kata Djohan, promosi pangan lokal merupakan langkah untuk menekan makan beras yang diganti dengan panganan yang bisa dibuat sendiri terutama dari hasil pertanian, namun gizinya perlu dipikirkan.

"Jadi makanan pokok yang betul betul panganan local. Dengan ini diharapkan Kota Metro dari semua KWT harus punya kesepakatan untuk menonjolkan ciri khas makanan Kota Metro, dan ini tugas kita semua. Nanti akan kita subsidi jika ada yang berkomitmen. Dinas terkait harus membimbing, kita sisihkan anggaran untuk pembinaan, Metro akan jadi terbaik tentunya dengan dukungan masyarakat,” katanya.

Sementara itu, Kepala KKP Kota Metro Imron mengatakan gelar Promosi Pangan Lokal ditujukan untuk meningkatkan penganekaragaman pangan mutu Gizi makanan sehari–hari beragam, bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA). “Jadi mengubah dan memperbaiki pola konsumsi masyarakat supaya lebih beragam jenis pangan dengan mutu gizi yang lebih baik dengan memanfaatkan pangan lokal,” katanya.

Imron menjelaskan pada tahun 2015 lalu sebanyak 8 KWT di Kota Metro juga telah memperoleh bantuan untuk kegiatan KRPL tahap penumbuhan senilai Rp15 juta. “Bantuan itu untuk pembuatan kebun bibit, demplot dan pekarangan anggota.”

Setelah gelar Promosi Pangan Lokal diresmikan Wakil Wali Kota Metro Djohan, rombongan pejabat yang meliputi Sekkot Metro Ishak, Ketua DPRD Kota Metro Anna Morinda, dan perwakilan Badan Penyelenggara Penyuluh Pertanian Perikanan Kehutanan Provinsi Lampung Ida meninjau kebun kolektif KWT Ria Melati. Selain itu rombongan pejabat juga mencicipi hasil olahan pangan lokal yang dipromosikan para KWT di Kota Metro. 

sumber : Lampost.co
ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين

0 Response to "Kelompok Wanita Tani Metro Mendapat Bantuan 80 Juta"

Posting Komentar