Kain Batik Motif Khas Lampung di Kota Metro Banyak Diminati

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ




Metro – Kota Metro kini telah memiliki sanggar pengrajin kain batik yang mulai dikenal di Provinsi Lampung. Sebagai pelaku usaha rumahan, pembuatan kain batik ini mulai dilirik warga Lampung karena banyak menggunakan motif lokal sebagai ornamen dasar. 

Beralamat di Jalan Selada, Kelurahan Tejosari, Metro Timur, sanggar tersebut menerima pesanan pembuatan kain batik cap dan tulis, dengan berbagai pilihan motif khas daerah Lampung.
Ketua pengrajin kain batik setempat Safitri Ningsih mengatakan, sejak diresmikan pada Desember 2015 sampai dengan saat ini, sanggar telah berhasil memproduksi sekitar 200 an potong kain batik cap maupun tulis.

Untuk pemesan kain batik Kota Metro, kata dia, telah cukup banyak yang datang dari luar daerah. Seperti kain batik cap yang tengah di garap saat ini, merupakan pesanan dari aparatur pemerintahan Lampung Utara dan Bandar Lampung.

“Alhamdulilah, Sanggar cukup kebanjiran pesanan dari luar daerah. Semoga sanggar ini akan semakin dikenal, dan dapat menghasilkan kain batik cap dan tulis ya berkualitas,” kata Safitri, Kamis, 31/3/2016.

Safitri menjelaskan, lamanya proses pembuatan kain batik cap atau tulis disesuaikan dengan tingkat kerumitan atau motif yang digunakan sesuai pesanan. Untuk kain batik cap, dalam sehari pengrajin mampu memproduksi kurang lebih 4 potong. Sementara untuk kain batik tulis, satu potongnya memerlukan waktu sekitar dua pekan atau lebih.(*)

sumber : jejamo.com
ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين

0 Response to "Kain Batik Motif Khas Lampung di Kota Metro Banyak Diminati"

Posting Komentar